Polresta Bandar Lampung Latihkan Etika Pelayanan Publik Kepada Anggota
22/06/2025 10:19:58 WIB 22
Bandar Lampung – Polresta Bandar Lampung terus meningkatkan mutu pelayanan melalui pelatihan keterampilan dan etika pelayanan publik bagi anggota yang bertugas pada bidang layanan masyarakat.
Waka Polresta Bandar Lampung, AKBP Erwin Irawan mengatakan bahwa Polri terus membenahi dan meningkatkan kualitas pelayanan publik terhadap masyarakat.
Pengikatan sumber daya manusia personil Polresta Bandar Lampung dilakukan dengan pelatihan keterampilan dan etika pelayanan publik yang dilakukan setiap hari.
“Tentu tujuannya untuk meningkatkan kemampuan anggota Polri dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dapat optimal, dan ini kita latihkan setiap hari,” Kata AKBP Erwin Irawan, Selasa (17/6/2025).
Selain itu, sebagai bentuk upaya pengembangan sumber daya manusia unggul pada program Quick Wins Presisi Polresta Bandar Lampung
Sasaran pelatihan yakni personil yang bertugas pada ruang pelayanan publik di baik yang ada di Polresta Bandar Lampung maupun polsek-polsek jajaran, khususnya dibagian Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu atau SPKT, Penerbitan Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau SKCK dan pelayanan pengurusan SIM.
Dikatakan bahwa pelayanan publik merupakan kegiatan atau rangkaian dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan penyelenggara pelayanan publik.
Berdasarkan pengertian tersebut, kegiatan pelayanan publik telah diatur pemenuhannya berdasarkan regulasi yang dibuat oleh pemerintah dengan tujuan utamanya untuk memenuhi kebutuhan dasar dan kesejahteraan masyarakat.
“Harapannya,pelatihajn ini bisa merubah stigma pelayanan di Polresta Bandar Lampung ini menjadi lebih baik sehingga masyarakat yang datang mendapatkan ekspektasi yang lebih dibandingkan dengan standar operasi prosedur yang sudah dipublikasikan di tengah-tengah masyarakat " kata Waka Polresta.(*)